Laki-laki Ternyata Bisa Menggunakan Pakaian Perempuan Ini!

 

Hai, sudah lama sekali tidak upload nih... memang butuh niat dan mood yang mendukung ya menulis ini hahaha. Pembahasan kali ini berbeda dari yang sebelumnya, karena kali ini penulis akan membahas fashion untuk laki-laki. Postingan kali ini terinspirasi oleh comeback TXT kemarin 😂 sempat kaget beberapa diantara mereka menggunakan crop top yang jarang sekali sekarang dilihat laki-laki memakai baju yang seperti itu apalagi idol.

Oleh karena itu, sesuai judul diatas penulis ingin bahas fashion item yang menurut stigma kebanyakan orang hanya bisa digunakan oleh perempuan. "fashion has no rule" bebas kamu mau pakai baju apapun selagi itu nyaman dan kamu suka itu, ya kan? Fashion juga harusnya sih genderless*cmiiw, perempuan bisa pakai baju laki-laki begitu juga sebaliknya. 

Nah, daripada kebanyakan basa-basi. Untuk yang penasaran apa aja sih? Baca sampai selesai yuk!


1. Crop Top



Nah, ini dia yang diawal tadi penulis bahas.. Laki-laki pakai crop top? aneh banget kayak perempuan! Laki-laki yang pakai crop top pasti gay? Yakin? Ada hal yang menarik tentang ini. Padahal, crop top sempat menjadi tren fashion laki-laki pada tahun 1970-an. Sebenarnya, crop top ini pertama dibuat untuk laki-laki yang maskulin banget lho! seperti American football.

Awalnya, karena kaus yang dipakai selama pertandingan terus-menerus robek, lalu memperlihatkan torso dan abs pemain. Selain itu, para atlet laki-laki yang berusaha keras untuk membentuk tubuhnya. Sekitar waktu yang bersamaan, ada larangan di tempat gym untuk bertelanjang dada, sehingga para atlet mulai memakai crop top supaya tetap bisa memperlihatkan otot mereka.


Seperti yang kamu lihat Johnny Depp di film 'A Nightmare On Elm Street' (1984) crop top yang dipakai si ganteng ini memiliki nomor dan lines pada bagian lengan seperti  kaus American football, tetep keren kan? Buat kamu yang ingin mencoba menggunakan ini, penulis bisa memberi saran untuk menggunakan outer misal seperti denim jacket, atau kemeja flanel kotak-kotak. Bawahan untuk crop top ini bisa menggunakan sweat pants, atau ripped jeans dan masih banyak lagi, kamu bisa explore sesukamu. 


2. Rok

 

Rok? Wah, ini pasti banyak yang mikir tidak mungkin laki-laki pakai rok. Idealnya rok dianggap fashion item yang feminin bahkan untuk perempuan sekalipun, perempuan yang pakai rok pasti kesannya girly banget. Lah, tapi kok laki-laki bisa pakai rok? Ini memang aneh banget bahkan tabu untuk sebagian orang. 

Rok ini merupakan pakaian yang paling kuno dari kedua gender. Pada masa Yunani dan Romawi menunjukkan kelas dan status, kostum suku Aztec juga didasarkan pada ide rok karena mudah dibuat dan menciptakan kebebasan bergerak yang besar seperti misalnya berkelahi, bertani jika pakai rok jadi lebih bebas bergerak.

Nah, mulai pada tahun 1985, salah satu perancang busana Prancis terkenal Jean Paul Gaultier menciptakan rok laki-laki pertamanya, dan diikuti oleh perancang terkenal lain seperti Giorgio Armani, Kenzo, dan lainnya. Meski begitu, beberapa laki-laki masih menganggapnya sebagai pakaian khusus perempuan.


Mereka adalah 2 abang jago favorit penulis nih! Look seperti aquinaldoadrian dan half.squirrel ini bisa dikategorikan sebagai Japanese street style. Biasanya Japanese street style itu celananya baggy, tapi ada juga yang menggunakan rok seperti gambar diatas. Kamu masih bisa terlihat keren dengan memakai rok all-black tambahkan leather jacket, atau bomber jacket supaya kelihatan lebih cool dan garang lagi, dan graphic tees yang keren banget.

3. Warna Pink


Last, apapun yang warna pink atau merah muda pasti hanya untuk perempuan. Warna merah muda memberi kesan yang feminin, manis, dan manja. Memang warna merah muda itu sudah identik untuk perempuan banget deh! Tapi jangan salah, sebenarnya itu warna tidak memiliki gender.. laki-laki masa cuma boleh pakai baju berwarna gelap seperti misalnya hitam dan navy saja? Sebaliknya juga perempuan. Padahal merah muda tidak selalu girly

Pada abad ke-18, "sangat maskulin bagi seorang laki-laki untuk mengenakan setelan sutra merah muda dengan sulaman bunga," kata pakar mode Valerie Steele, direktur The Museum di Fashion Institute Technology dan penulis beberapa buku tentang mode. 



Nah, dulu juga untuk membedakan bayi yang baru lahir diberikan tanda seperti biru untuk laki-laki dan merah muda untuk perempuan, sehingga merah muda sangat terkait dengan feminitas.

Menurut penulis, laki-laki yang mengenakan outfit merah muda itu, klasik dan stylish. Namun, bisa jadi berlebihan kalau terlalu banyak warna merah muda ya! Semakin terang dan pucat warna merah muda, semakin gampang di mix and match. Coba deh!


So.. Gimana setelah baca sampai beres? Ada yang berani keluar menggunakan salah satu yang telah disebutkan tadi? Kalau pernah dan akan melakukannya, kamu keren! Kalau tidak juga it's okay kok, bukan berarti tidak keren, pada dasarnya semua orang bisa keren dengan caranya masing-masing😉

Semuanya balik lagi ke pribadi kamu ya, penulis hanya memberi saran dan berbagi ide. Ingat fashion has no rule! xoxo💞

Buat yang ingin baca sejarah lengkapnya bisa cek disini ya:

**disclaimer: semua foto disini bukan milik pribadi, sumber foto didapat dari pinterest, instagram, dan semua yang tertulis disini berdasarkan pendapat pribadi penulis dan beberapa research.**

Komentar

Postingan Populer