Tidak Percaya Diri dalam Berpakaian? Coba Baca ini deh!

 


Hehehe haii gaiss! tulisan kali ini adalah sesi #CUSHION #CUrhat #faSHION bersama akooh hehehe😂 lucu tidak singkatannya? Haha soalnya kalau disingkat jadi item makeup kesukaan penulis, yang perempuan pasti tau apa itu>< ((asli gak penting))

Penulis ingin buat sesi khusus untuk teman-teman yang insecure, kebingungan, dan keluhan dalam hal fashion.. Yang sering atau pernah ditemui sama penulis nih!

Bedasarkan pengalaman pribadi penulis, dan beberapa cerita dari teman.. Hal yang paling banyak di keluhkan itu ya ini! Apa? Iya sesuai judul diatas, tidak percaya diri dalam berpakaian. Jujur, terkadang penulis sendiri sampai sekarang masih suka tidak percaya diri kalau pakai baju. Tetapi sedang mencoba untuk percaya diri aja, dengan tidak memikirkan hal hal yang buat penulis jadi insecure, seperti perkataan orang yang nyelekit><


"ini cocok gak sih?

"kok aneh banget ya"

"aduh malu pake baju warna gini"

"kok orang bisa pantes ya pake gituan?"

"gemuk banget pake ini" "gila kayak bebegig" "kentang dibajuin inimah" dan berujung...


"aku jelek udah, ga cocok pake apapun"

Jangan sampai kamu nyalahin diri kamu sendiri dengan bilang kamu jelek, nanti tuhan marah karena makhluk ciptaan kesayangannya malah olok-olok diri sendiri 😢 . 

Semua orang itu diciptakan dengan daya tarik dan kelebihan yang berbeda-beda, jadi jangan membandingkan dirimu dengan yang lain, merasa "kok dia pakai rok mini bagus ya? aku malah jelek" bukan salah kamu. Coba dipikir lagi deh, si A bagus pakai rok mini sedangkan kamu tidak. Bisa saja kamu lebih cocok pakai rok panjang, celana jeans, atau kulot. Bisa saja, ternyata kamu cocok pakai itu, kamu hanya takut sebelum mencoba. Jangan minder ya! Semangat!

Maksud penulis adalah... pikirkan item fashion lain yang membuat kamu nyaman sehingga ketika kamu pakai akan merasa percaya diri. Jangan terlalu mengikuti tren deh, percuma kalau tidak percaya diri. Artinya pakai saja yang membuat kamu nyaman. Si A pakai rok mini bagus, bisa saja kamu juga pakai itu bagus.. Tapi kalau kamu selalu merasa tidak pantas ketika pakai itu, mungkin karena rok mini hal yang baru, "bukan gue banget", atau kamu jarang pakai rok mini jadi terasa aneh. Sebenarnya, bebas kamu mau coba hal yang baru asalkan kamu harus mau take a risk dan tidak menyesalinya kemudian. 

Misalnya penulis, ingin coba OOTD ala ulzzang korea, tapi ngerasa "aku kulitnya gak putih kayak mereka, jauh ga cocok" padahal dalam hati ingin banget coba. Ya coba aja, setidaknya penulis sudah mencobanya, kalau masih merasa tidak nyaman ya jangan dilakuin lagi nanti, atau "eh ternyata gapapa deng, lucu juga". Kalau ada yang berkomentar buruk "sok banget pake baju gitu emang mau kemana sih, biasa aja kali" yak makasih komentarnya :)) setidaknya penulis sudah berusaha mencoba.. tidak seperti kamu yang bisanya hanya mengomentari orang, giliran di komentari balik ga terima :) #taboksini

_ayo mulai dari sekarang buat lingkungan sosial yang positif buat kamu dan orang lain_

Alasan lain tidak percaya diri adalah, ada yang takut karena respon dari orang lain, ketika kamu mencoba untuk terlihat baik terus dapat komentar buruk, alhasil kamu jadi kecewa dan malah jadi tidak percaya diri lagi. Selain itu, ada juga yang takut diliat aneh sama orang lain. Saran dari penulis, Jangan terlalu berharap ingin di respon baik orang lain ya! Karena itu sesuatu yang berada diluar jangkauan kita. Jangan memikirkan yang negatif. Lindungi, syukuri, dan berterima kasih lah pada sesuatu yang positif! Lakukan hal sesuai kata hati kamu! Kamu suka itu? pakai! kamu nyaman seperti itu? pakai! kalau penulis mah "yang penting kata mamah aku cantik" WKWKWWKWK

Ada saran yang mengatakan.. Kenali bentuk tubuh kamu supaya hasil look kamu jadi maksimal.. Misal, kamu pendek tidak percaya diri nih, coba pakai celana high waist supaya kaki kamu terlihat panjang, atau buat yang di kerudung coba atasannya di tuck in ke celana atau rok. "aku pendek gemuk gabisa pake baju ini" Nah, tidak ada yang tidak bisa, kamu bisa pakai apapun kok! Jangan takut, coba banyak cari referensi outfit terlebih dahulu. Saran, penulis sih dari Pinterest.

Warna dan kecocokannya, ada yang bilang kalau kamu kurus coba pakai baju yang berwarna terang, dan cari cutting-nya yang tidak terlalu fit ke badan supaya memberi kesan berisi. Untuk yang merasa gemuk, coba pakai warna-warna gelap supaya memberi kesan slim. Jujur penulis tidak terlalu setuju, ya ada benarnya kok.. tapi lebih setuju lagi sama "kamu bebas mau pakai baju apapun, warna apapun, karena fashion has no rule" benar tidak? Kalau pendapat yang pertama terkesan membatasi kebebasan seseorang dalam berpakaian, masa yang kurus tidak boleh pakai baju warna gelap? Begitupun sebaliknya. Oke ini pendapat penulis ya bebas kok, mau ngikutin yang mana namanya juga saran. Yang penting kamu suka dan nyaman woyyyy😭😭😭 

Oh, iya.. nyaman disini bukan berarti bisa sesuka kamu ya.. Lah?

Tetap harus menyesuaikan keadaan ya gaiss! Tidak mungkin lagi di pesta pernikahan teman, karena kamu nyaman pakai piyama..  hadir deh dengan memakai piyama. Pergi ke rumah calon mertua, dengan memakai sweat pants dan tank top.. Wahh.. bisa gawat kan.. Pokoknya sesuaikan oufit kamu dengan situasi.. Kalau salah kostum juga bahaya nanti.. bisa menurun juga deh kepercayaan diri kamu!


Beberapa orang yang tidak percaya diri dan tidak bebas dalam berpakaian karena fisiknya, 

"gak good looking" "kurus" "gemuk" "kulitnya gelap" "pendek" "terlalu tinggi"

Hey, baca ini... tidak ada yang sempurna.. jangan jadikan itu kelemahan mu, kamu itu sebenarnya keren cuma tidak sadar aja.. ulat butuh proses untuk menjadi kupu-kupu yang cantik. Biji yang kamu tanam tidak langsung tumbuh jadi pohon besar. Cake yang biasa aja bisa jadi lebih menarik dan enak kalau dihias pakai whipped cream dan buah. Bahkan es teh manis di warteg bisa mahal kalau dijual di restoran berkelas. Ya kan?

Dari semua, hal terpenting adalah cintai dirimu sendiri. Kalau kamu tidak cinta dirimu sendiri pasti akan sulit untuk percaya diri, iya memang sulit mencintai diri sendiri.. yuk bisa yuk! coba perlahan.. kalau penulis sih "ini caraku mengekspresikan diri" "yang penting pede aja dulu, bodo amat kata orang" selagi tidak merugikan orang lain, why not? 


**disclaimer: semua foto disini bukan milik pribadi, sumber foto didapat dari tenor, dan semua yang tertulis disini berdasarkan pendapat pribadi penulis.. kan curhat zeyeeengg**

Komentar

Postingan Populer